Alih-fungsi telepon umum menjadi spot wi-fi (hotspot)

Seperti kita tahu telepon umum adalah teknologi unggulan di bidang komunikasi pada masanya. Bagaimana dulu banyak masyarakat yang rela menunggu bahkan sampai mengantri begitu panjangnya hanya untuk menggunakan fasilitas komunikasi ini, namun bagaimana kondisi telepon umum kini? Seperti dapat kita lihat di sepanjang jalan, telepon umum milik PT TELKOM kini tak terurus lagi, bahkan ada beberapa telepon umum tersebut yang keadaanya sangat mengenaskan (misalnya: dicorat-coret oleh orang-orang tak bertanggung jawab, beberapa perangkat terpasangnya ada yang dicuri, dll).

Lalu bagaimana solusi agar kita dapat menghidupkan kembali/memberi nafas kehidupan baru bagi fasilitas telepon umum ini? Karena amat disayangkan jika jaringan eksisting ini tidak dimanfaatkan menggunakan ide inovatif untuk tujuan lain.

Salah satu solusinya adalah merubah/mengalih-fungsikan telepon umum menjadi sebuah spot wi-fi (hotspot). Seperti dulu saya diberikan tugas mata kuliah jaringan komputer. Kurang lebih seperti inilah ide yang saya tuangkan dalam jawaban tersebut. mengalih-fungsikan telepon umum menjadi fasilitas wi-fi (hotspot).

Dan ternyata PT TELKOM pemilik fasilitas telepon umum yang sudah tersebar di hampir wilayah Indonesia ini telat mengambil langkah inovatif ini. Diberitakan dari detikInet bahwa perusahaan telekomunikasi di China telah lebih dahulu memanfaatkan inovasi teknologi ini. Berikut adalah kutipan beritanya:

Jakarta – Meski dikenal sebagai negara dengan netter terbanyak di dunia, China masih gencar melakukan penetrasi internet. Dalam waktu dekat, pemerintah negeri tirai bambu ini akan menggantikan kotak-kotak telepon umum di negerinya menjadi hotspot internet.

Jumlah kotak telepon umum di China, memang sangat banyak. Namun kian hari,  pengguna telepon umum justru menyusut, tergusur oleh kehadiran telepon seluler yang gencar merangsek pasaran.

Media setempat melaporkan, beberapa kotak telepon umum, dalam satu hari hanya dipakai satu kali bahkan tidak dipakai sama sekali. Tak heran, biaya pemeliharaan dan operasional kotak telepon umum itu jadi sia-sia.

Nah, ketimbang mengalokasikan dana untuk hal yang dianggap percuma, maka pemerintah China selanjutnya mengubah kotak telepon tersebut sebagai tempat untuk berinternet menggunakan WiFi.

Dikutip detikINET dari Digital Trends, Senin (14/2/2011), menggantikan kotak telepon umum menjadi area hotspot hanya salah satu bagian dari rencana perluasan akses internet di China. Tak hanya memanfaatkan kotak telepon umum, pemerintah negara itu juga akan memperbanyak fasilitas hotspot di lokasi-lokasi seperti restoran, hotel dan gym.

( rns / wsh )

Berikut ini saya sertakan pula gambar spot wi-fi di China tersebut.

 

 

 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: