[AI] Solusi Tower of Hanoi (4 Ring 3 Pole)

Pada kiriman kali ini saya akan membahas solusi dari permasalahan tower of hanoi dengan 4 buah ring dan hanya terdiri dari 3 pole.

Seperti kita tahu, bahwa untuk menyelesaikan permasalahan artificial intelligence langkah awal yang dapat kita ambil adalah membuat pohon virtual dari permasalahan tersebut. Dibawah ini adalah gambar pohon virtual untuk menyelesaikan permasalahan artificial intelligence tower of hanoi dengan 4 ring dan 3 pole:

Berikut juga saya sertakan video dari youtube tentang penyelesaian permasalahan tower of hanoi 4 ring 3 pole:

 

Dalam video diatas ditunjukkan bahwa penyelesaian permasalahan tower of hanoi dengan 4 ring dan 3 pole tersebut menggunakan langkah-langkah : 1 – 2 – 4 – 7 – 10 – 12 – 16 – 20 – 28 – 31 – 35 – 40 – 47 – 52 – 60 – 71 pada gambar yang saya sertakan sebelumnya.

Total langkah yang dapat dicapai seefisien mungkin untuk memecahkan permasalahan tower of hanoi dengan 4 ring ini adalah berjumlah 15 langkah (dengan asumsi kondisi pertama diabaikan).

Metode yang saya gunakan untuk membuat pohon virtual penyelesaian permasalahan tower of hanoi 4 ring dan 3 pole tersebut menggunakan metode Breadth First Search (BFS). Dimana metode ini memiliki beberapa karakteristik, diantaranya:

  1. Node diperiksa secara horizontal.
  2. Pencarian berjalan lama.
  3. Membutuhkan ruang memory yang cukup besar
  4. Kepastian ditemukannya solusi permasalahan 100%.

Namun walau secara ilustrasi pada gambar pohon virtual tersebut sudah cukup logis, namun dalam real nya aplikasi pemrograman kecerdasan buatan yang ada sekarang bisa dibilang tidak membaca gambar. Oleh karena itu dari pohon virtual tersebut dibuatkan kedalam bentuk penyelesaian vektornya agar dapat dibuatkan programnya pada aplikasi-aplikasi seperti MATLAB, dll.

 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: